Penguatan Peran Guru PAUD dalam Pemantauan Status Gizi Anak Usia Dini melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Malang

Menyatu dalam misi pemberdayaan pendidikan anak usia dini! 🌱📚 Tim dosen Departemen Gizi FIKES UB bersama HIMPAUDI Pakisaji, Kab. Malang, telah berhasil melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada tanggal 7 Oktober 2023. Dalam rangka tindak lanjut dari kegiatan serupa di tahun 2022, kerjasama ini menjadi landasan bagi peningkatan keterampilan tenaga pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kabupaten Malang.

Tema yang diangkat pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah “Penguatan Keterampilan Tenaga Pendidik Satuan PAUD dalam Pengukuran dan Pemantauan Status Gizi Anak Usia Dini di Kabupaten Malang.” Kegiatan ini menjadi sangat relevan mengingat pentingnya pemantauan pertumbuhan melalui pengukuran tinggi badan dan berat badan anak usia dini setiap bulan.

Namun, terbatasnya kapasitas pendidik (guru) PAUD dalam melaksanakan pengukuran tersebut menjadi kendala. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan peran guru PAUD dalam pemantauan pertumbuhan dan status gizi peserta didik PAUD, khususnya yang jarang hadir di posyandu.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 44 peserta dari 25 lembaga PAUD di kecamatan Pakisaji. Materi mengenai gizi seimbang disampaikan dengan penuh keahlian oleh Ibu Ayuningtyas Dian A. S.Gz., MP, dan dilanjutkan dengan materi serta praktik pengukuran oleh Ibu Dr. Nia Novita Wirawan, STP., M.Sc.

Selama kegiatan, peserta terlihat sangat antusias menyimak pemaparan materi dan berdiskusi/tanya jawab berkaitan dengan topik dan pengalaman mereka dalam pengajaran anak usia dini. Para peserta berharap dapat terus ikut serta atau terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat berikutnya, dengan topik atau tema yang masih berkaitan dengan anak usia dini.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil terlaksana berkat dukungan dari Hibah Dosen Mengabdi BPPM FIKES UB melalui PNBP FIKES tahun 2023. Bersama-sama, mari terus berkontribusi untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan berkembang optimal! 💪✨