Magister Ilmu Keperawatan

Program Studi Magister Keperawatan (PSMK) di Universitas Brawijaya dimulai pada tahun 2011 dengan SK Mandat Dikti No. 716/E/T/2011, Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mendapatkan hibah untuk menyelenggarakan Program Studi Magister Keperawatan dengan Peminatan Gawat Darurat, yang diperkuat dengan SK Rektor Universitas Brawijaya No. 051/SK/2011. Berdasarkan 2 (dua) surat keputusan tersebut, maka pada tahun 2011, jurusan Keperawatan  FKUB menerima mahasiswa Program Magister Keperawatan untuk tahun akademik 2011/2012. Pada 14 November 2012, Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 390/E/O/2012 tentang ijin penyelenggaraan PS Keperawatan (S2) di UB diterbitkan. Program studi ini terus mengalami perbaikan dan pengembangan agar dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan kebutuhan ilmu keperawatan yang semakin berkembang di Indonesia. Hingga saat ini, program studi Magister Ilmu Keperawatan di Universitas Brawijaya telah menghasilkan lulusan bergelar Magister Keperawatan yang telah berkontribusi pada bidang keperawatan di Indonesia.

Visi Keilmuan

Pelopor dan pembaru ilmu dan teknologi keperawatan berbasis peka budaya untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat yang diakui secara nasional dan internasional

Akreditasi

NO.PROGRM STUDIAKREDITASINO. SKMASA BERLAKU SAMPAIDOKUMEN
1Magister KeperawatanB0025/LAM-PTKes/Akr/Mag/I/201728-01-2022Unduh
2Magister KeperawatanUnggul0001/LAM-PTKes/Akr/Mag/I/202213-01-2027Unduh

Peminatan

Program studi magister keperawatan menawarkan enam (6) peminatan sebagai berikut:

  1. Keperawatan Gawat Darurat
  2. Keperawatan Jiwa
  3. Keperawatan Medikal Bedah
  4. Keperawatan Komunitas
  5. Manajemen dan Kepemimpinan Keperawatan
  6. Keperawatan Maternitas

Program Studi Magister Ilmu Keperawatan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam pengembangan ilmu keperawatan melalui penelitian dan pengabdian masyarakat serta mampu menghasilkan karya ilmiah yang orisinal, inovatif, dan bermanfaat bagi pengembangan keperawatan di Indonesia.

Berikut adalah profil lulusan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan:

  1. Mampu mengembangkan dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan keperawatan secara inovatif dan kreatif dalam pengembangan ilmu keperawatan di Indonesia.
  2. Mampu melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan ilmu keperawatan.
  3. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang orisinal dan inovatif dalam bidang keperawatan serta mampu mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal nasional dan internasional.
  4. Mampu melakukan analisis dan sintesis terhadap masalah keperawatan serta mampu memberikan solusi yang tepat dan efektif.
  5. Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim multidisiplin dalam pengembangan ilmu keperawatan dan pelayanan keperawatan yang berkualitas.
  6. Mampu mengelola dan memimpin unit pelayanan keperawatan serta mampu mengembangkan sistem manajemen keperawatan yang efektif dan efisien.
  7. Mampu mengembangkan diri secara profesional dan etis dalam praktek keperawatan serta mampu memperluas jaringan kerja dan kolaborasi dalam pengembangan ilmu keperawatan.

Dengan profil lulusan yang jelas dan komprehensif, diharapkan lulusan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan dapat menjadi tenaga ahli dan pemimpin dalam pengembangan ilmu keperawatan di Indonesia serta dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kesehatan masyarakat Indonesia.

Capaian pembelajaran pada Program Studi Magister Keperawatan mengacu pada PERMENDIKBUD No3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Buku Kurikulum Program Magister Keperawatan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Tahun 2021 sebagai berikut:

  • Mampu menunjukkan sikap profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, dan sosial budaya dalam mengimplementasikan peran sebagai researcher, educator, leader dan manager dan health care professional untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, menyusun konsepsi ilmiah, argumen saintifik dan hasil kajian serta mendesiminasikan/mengkomunikasikan hasil pemikiran melalui media masa, jurnal ilmiah kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
  • Mampu mengembangkan penelitian ilmiah keperawatan dan teknologi keperawatan, menerapkan konsep dan prinsip praktek berbasis bukti, mengembangkan inovasi untuk memecahkan masalah keperawatan/kesehatan baik ditatanan klinik maupun komunitas berbasis peka budaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Mampu mengembangkan komunikasi dan koordinasi pada level individu, organisasi dan interprofesional dalam kegiatan akademik maupun non akademik berbasis peka budaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Mampu meningkatkan kapasitas profesional melalui pembelajaran seumur hidup, kepekaan sosial dan lingkungan
  • Mampu mengembangkan program edukasi/ pembelajaran klinis dan komunitas yang kreatif dan inovatif pada praktek dan pelayanan keperawatan/kesehatan berbasis peka budaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Mampu mengembangkan tatakelola pelayanan perawatan/ kesehatan baik di tatanan klinik maupun komunitas dengan pendekatan manajemen dan kepemimpinan

Persyaratan dosen Program Studi Magister llmu Keperawatan adalah Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya dengan kualifikasi sebagal berikut:

  • Bergelar Doktor dan menyandang jabatan fungsional Guru Besar; atau
  • Bergelar Doktor dengan jabatan fungsional minimal lektor; atau
  • Apabila diperlukan dan sesual dengan bidang ilmunya, dosen bergelar Doktor dengan jabatan fungsional Assisten Ahli diperbolehkan untuk membantu mengajar sebagai anggota team teaching dosen sebagaimana diatur dalam huruf a dan b;
  • Apabila dibutuhkan bagi kepentingan pembelajaran, Dekan dapat menyimpangi ketentuan huruf a dan b dengan mengangkat dosen yang berasal dari praktisi dan atau lainnya sebagal anggota team teaching.
  • Dosen ditetapkan oleh Dekan di setiap semester.

Profil lengkap pengajar di Program Studi Ilmu Keperawatan dalam dilihat dalam laman berikut ini Dosen FIKES UB

Program Pendidikan Akademik Magister Keperawatan

Penerimaan mahasiswa baru di Program Studi Magister Keperawatan mempertimbangkan hal-hal: (1) Persyaratan akademik, (2) Kelengkapan persyaratan administrasi, dan (3) Kapasitas daya tampung Program Studi.

Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan

Pendaftaran mahasiswa baru dibuka pada semester ganjil setiap tahunnya. Informasi pendaftaran, seleksi penerimaan, dan informasi lainnya dapat dilihat di https://selma.ub.ac.id/ atau menghubungi Sekretariat PSMK FIKES UB. Seleksi dilaksanakan berupa administrasi (verifikasi berkas pendaftaran) dan ujian masuk berupa test TOEFL, TPA, tes substantif dan wawancara.

Persyaratan Akademik Program Studi Magister Keperawatan

  • Calon mahasiswa harus lulusan yang berijazah Ners dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah terakreditasi.
  • IPK Program S1 dan Ners calon mahasiswa ≥2.75 (skala 0-4).
  • Masa pendidikan Sarjana dan Ners tidak lebih dari 7 tahun bagi program reguler dan tidak lebih dari 4 tahun bagi program alih jenjang/alih program.

Lulus ujian seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Keperawatan FIKES UB yang meliputi TPA ≥450, TOEFL ≥450 atau setara IELTS 5, lulus tes substantif dan wawancara.

Secara berkala, PSMK mengadakan survey kepuasan mahasiswa untuk mengetahui kepuasan mahasiswa PSMK terhadap pelayanan pendidikan selama menjadi mahasiswa PSMK. Pada tahun 2024, terdapat 43 mahasiswa PSMK yang mengisi survey kepuasan dengan rincian 48,8% berasal dari mahasiswa PSMK angkatan 202;  46,5% berasal dari mahasiswa PSMK angkatan 2023, dan sisanya dari angkatan 2022 yang dijabarkan pada diagram pie dibawah.

Pelanggan utama Program Studi Magister Keperawatan adalah mahasiswa sehingga kepuasan mahasiswa merupakan faktor kunci penentu kualitas pelayanan. Penilaian kepuasan mahasiswa meliputi kepuasan mahasiswa terhadap dosen, tenaga kependidikan, pengelola program studi, sarana dan prasarana. Hasil survei kepuasan mayoritas termasuk kategori Sangat Baik dan Baik (>90%). Penjelasan lengkap hasil kepuasan mahasiswa ada pada gambar 2,3,4, dan 5.

Gambar 2 memperlihatkan bahwa lebih dari 80% mahasiswa PSMK memilih sangat baik terkait kualitas dosen dan selebihnya memilih baik. Hal ini perlu diapresiasi, dipertahankan, dan ditingkatkan pelayanan dosen kepada mahasiswa PSMK.

Kepuasan mahasiswa PSMK terhadap dosen dengan tenaga pendidikan memiliki kesamaan dimana lebih dari 80% mahasiswa PSMK memiliki kepuasan yang sangat baik terkait kualitas pelayanan tenaga pendidikan, dan selebihnya memilih baik. Hal ini perlu diapresiasi, dipertahankan, dan ditingkatkan pelayanan tenaga pendidikan kepada mahasiswa PSMK.

Kepuasan mahasiswa PSMK juga mayoritas sangat baik terhadap pelayanan pengelola PSMK yang terlihat jelas pada Gambar 4

Untuk sarana prasarana mahasiswa PSMK mayoritas memilih sangat baik terkait kecukupan, aksesibilitas, dan kualitas sarana dan prasarana. Kurang dari 1% yang merasa sarana dan prasarana kurang cukup. Masukan dari mahasiswa akan segera ditindaklanjuti (Gambar 5).

Kepuasan mahasiswa PSMK sangat diapresiasi dan keluhan yang telah disampaikan sudah ditindaklanjuti oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya dan Program Studi Magister Keperawatan.

Sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, meliputi:
a) Kegiatan Pendidikan Mahasiswa,  pengajaran, dan pembimbingan oleh dosen

Kegiatan Pendidikan mahasiswa mengacu pada buku Pedoman Pendidikan Universitas Brawijaya, Buku Pedoman Pendidikan Fakultas Ilmu Kesehatan dan sesuai dengan kalender kademik Universitas Brawijaya. Kegiatan pembelajaran akademik di PSMK dilakukan di Gedung A Fakultas Ilmu Kesehatan Ruang 201, 202, dan 203. Setiap ruang kuliah memiliki kapasitas maksimal 45 mahasiswa dengan dilengkapi fasilitas memadai terdiri dari Proyektor, Layar LCD, meja, kursi, pengeras suara, dan pendingin ruangan.

Jadwal pembelajaran untuk masing-masing angkatan disusun sebelum pembelajaran dimulai dan disosialisasikan pada mahasiswa dan dosen. Proses pembelajaran praktikum untuk memenuhi kompetensi keterampilan keperawatan dilaksanakan di laboratorium Mini Hospital Departemen Keperawatan FIKES UB yang telah memfasilitasi 9 kelompok keilmuan keperawatan yang terletak di lantai 3 gedung A FIKES UB.

c) Teknologi informasi dan komunikasi pendukung

Kegiatan pembelajaran juga didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi yaitu learning manajemen system (LMS) bernama Brone (Brawijaya One) dan Sistem informasi akademik (SIAKAD, SIAM, dan SIADO) serta didukung adanya ruang CBT (Computer based Test) untuk kegiatan ujian (UTS dan UAS). Sumber pembelajaran dapat diakses oleh mahasiswa melalui perpustakaan pusat universita Brawijaya https://lib.ub.ac.id/  dan ruang baca yang berlokasi di lantai 3 gedung B FIKES UB. Ruang Computer-Based Test Center (CBT Center) di FIKES UB adalah fasilitas kampus yang diberikan kepada mahasiswa FIKES UB, salah satunya mahasiswa PSMK. Ruang CBT Center memiliki kapasitas meja kursi sebanyak  160 dengan  komputer yang tersambung dengan WIFI berjumlah 149. Pemanfaatan CBT Center (Computer-Based Test Center) di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Brawijaya (UB) berfungsi sebagai fasilitas untuk pelaksanaan ujian berbasis komputer. Fasilitas ini memungkinkan pelaksanaan ujian secara efisien dan terstandar, termasuk ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), dan ujian lainnya. Dengan sistem CBT, proses penilaian menjadi lebih cepat dan akurat karena pengoreksian dilakukan secara otomatis, terutama untuk soal berbasis pilihan ganda, sehingga mengurangi kesalahan manual. Selain itu, ujian berbasis komputer meningkatkan transparansi dan keamanan, mengurangi risiko kecurangan melalui pengawasan digital dan penyimpanan data yang aman. CBT Center juga meningkatkan aksesibilitas bagi mahasiswa, dengan kapasitas untuk mengakomodasi banyak peserta dalam sistem yang terstandar.

d) Akses sumber pembelajaran

Perpustakaan Brawijaya merupakan salah satu fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa yang berfungsi mendukung program akademik universitas yang tertuang dalam “Tridarma Perguruan Tinggi” yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, perpustakaan UB juga menyediakan Electronic Books (E-Books), Jurnal Internasional berbagai bidang pengetahuan, manual, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi website Perpustakaan Pusat UB : lib.ub.ac.id

FIKES UB juga menyediakan fasilitas ruang baca yang terletak di Gedung B Lantai 3 dan tersedia referensi-referensi hard file maupun ebook yang mutakhir terkait informasi keperawatan dan kesehatan pada umumnya. Pengaruh perpustakaan bagi mahasiswa PSMK sangat mendukung proses pendidikan mahasiswa karena mampu memberikan informasi dengan akses mudah sehingga mampu meningkatkan proses belajar mengajar.

Sarana dan Prasarana Penunjang Pendidikan

Standard Operating Procedur (SOP)

NoDokumenDownload
1Penerimaan Mahasiswa BaruDownload
2Program Alih Tahun Mahasiswa BDownload
3Registrasi Mahasiswa BaruDownload
4Penerimaan Mahasiswa TransferDownload
5Perencanaan dan pengembangan kDownload
6Monitoring dan Evaluasi KurikulumDownload
7Persiapan PembelajaranDownload
8Pembelajran DaringDownload
9Kegiatan Pembelajaran LuringDownload
10Cuti AkademikDownload
11Pembimbing AkademikDownload
12Kegiatan PembelajaranDownload
13Pelanggaran EtikDownload
14Penyusunan TesisDownload
15Ujian Proposal TesisDownload
16SHP TesisDownload
17UJIAN THESIsDownload
18Pemindaian Plagiasi Naskah tesisDownload
19Penyerahan TesisDownload
20Karakteristik dan PerencanaanDownload
21Evaluasi PembelajaranDownload
22Penanganan Keluhan PelangganDownload
23Evaluani Kegagalan StudiDownload
24YUDISIUMDownload
25Monev pencapaian CPL PSMKDownload
26TRACER STUDYDownload