KELOLA STRES SEKARANG ATAU STRES AKAN MENGENDALIKAN HIDUP PENDERITA DIABETES MELLITUS SELAMANYA!!!

“Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa. Penderita penyakit kronis pun berhak produktif dan bahagia, termasuk penderita Diabetes Mellitus. Yuk Kelola Stres!”. Inilah slogan yang diusung pada Pengabdian kepada Masyarakat Strategis 1000 Desa dalam kegiatan bertajuk Edukasi & Pelatihan Stress Management pada Penderita Diabetes Mellitus dengan narasumber Dosen Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Brawijaya, Dr. Ns. Heri Kristianto, M.Kep., Sp.Kep.MB dan Ns. Renny Nova, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J, berkolaborasi dengan tim dosen dari berbagai fakultas dan Mahasiswa Membangun 1000 Desa di Desa Mojorayung Kab. Madiun serta melibatkan kader, tenaga kesehatan dan aparat desa. Kemitraan untuk mencapai tujuan bersama ini mengarusutamakan Sustainable Development Goals pilar 17.

Diabetes Mellitus adalah salah satu penyakit kronis yang membebani penderita juga keluarga sehingga menurunkan kualitas hidup. Diharapkan dengan edukasi dan pelatihan, penderita Diabetes Mellitus dapat mengelola stres sehingga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.  Kegiatan pengabdian masyarakat ini sejalan dengan tema Mahasiswa Membangun 1000 Desa yaitu Peningkatan Peran Masyarakat dalam Pengendalian Penyakit Kronis untuk Mencapai Kehidupan Sehat dan Sejahtera dan  berperan mendukung Sustainable Development Goals pilar 3 yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia. Acara ini memberikan edukasi mengenai Efek Stress pada Penderita Diabetes Mellitus dan pelatihan managemen stress. Selain itu, acara diawali dengan Brain Gym untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi serta daya ingat peserta selain itu sebagai strategi sehingga acara semakin seru dan meriah. 40 peserta yang menderita Diabetes Mellitus dengan rentang usia 44-72 tahun kompak memperagakan gerakan-gerakan senam dengan bergembira bersama melalui video yang ditampilkan. Seluruh peserta juga aktif memperagakan teknik managemen stres dengan r napas dalam dan relaksasi otot progresif yang dipandu oleh fasilitator. Tampak seluruh peserta antusias dan bersemangat.

“Apakah Bapak-Ibu semua pernah mengikuti acara seperti ini terkait mengelola stres?”, pertanyaan narasumber dijawab kompak oleh seluruh peserta “Belum pernah sama sekali Ibu…”. Salah satu peserta juga mengungkapkan “Saya jadi mengetahui cara lain mengurangi stres selain menjalankan hobi, seperti berkebun, ke sawah, dan sebagainya”. Kegiatan yang diadakan pada Selasa, 11 Juli 2023 di Balai Desa Mojorayung, selain memberikan edukasi dan pelatihan, juga menyuguhkan games dan banyak doorprize menarik, memberikan leaflet serta pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol serta tekanan darah.