PENGABDIAN MASYARAKAT DAN LAUNCHING APLIKASI “EDUHEALTH TIME” OLEH TIM FIKES UB BEKERJASAMA DENGAN SMPIT ASSALAM

Untuk mendukung peningkatan kesehatan pada remaja dan optimalisasi peran UKS di Sekolah, tim dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Brawijaya yaitu Dr. Fajar Ari Nugroho,S.Gz.,M.Kes, Inggita Kusumastuty,S.Gz.,M.Biomed dan Anggun Rindang Cempaka, S.Gz., MSc.,Dietisien bersama dengan mahasiswa FIKES atas nama Syifa Nabilah, Arini Tunjung Sari dan firda Aqilatul Izzah yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SMPIT As-Salam Malang melaksanakan Program Pengembangan Pendidikan Kesehatan Melalui Aplikasi Belajar dan Pemantauan Online : Solusi Kreatif untuk Pembelajaran Interaktif Inovatif dan Pengelolaan UKS.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh masih belum tersedianya sistem pengelolaan yang lebih terstuktur dan terintegrasi dalam Upaya Kesehatan Sekolah. Disisi lain penggunaan sistem yang memanfaatkan aplikasi berbasis android menawarkan berbagai kemudahan baik dalam updating dan penggunaan, maka ide untuk mengembangkan aplikasi Pendidikan kesehatan dan pemantauan online untuk UKS menjadi penting untuk diimplementasikan. Aplikasi ini nantinya akan menyediakan platform untuk melakukan menyebaran media edukasi kesehatan secara lebih terstruktur dan berkesinambungan serta mengikuti update kejadian dan permasalahan kesehatan diseputar remaja. Selain itu secara online pengelola UKS dapat memantau beberapa indikator kesehatan yang telah disediakan dalam platform ini, untuk membantu melakukan surveillance terhadap kesehatan remaja (siswa).

SMPIT AsSalam merupakan salah satu mitra Kerjasama FIKES UB sejak tahun 2022, hingga saat ini pelaksanaan Pengmas Kerjasama telah memasuki tahun ketiga. Pada setiap tahun tema yang diambil berbeda dan sifatnya berkelanjutan, untuk tahun 2024 implementasi Kerjasama antara FIKES UB dengan SMPIT Assalam, Dosen FIKES UB Bersama mahasiswa KKN adalah pelaksanaan Pendidikan kesehatan umum untuk seluruh siswa dan siswi, serta Pendidikan kesehatan reproduksi untuk khusus remaja putri. Selain itu juga dilakukan launching aplikasi edukasi dan pengawasan kesehatan remaja sebagai bagian dukungan pada UKS.

Kegiatan ini disambut baik oleh siswa dan pihak sekolah yang disampaikan secara langsung oleh Kepala sekolah SMPIT AsSalam Ibu Nurik Khimawati, S.Pt. Melalui sambutannya kepala sekolah menyapaikan harapan agar kegiatan penmas Kerjasama di SMPIT AsSalam terus berlanjut di masa yang akan datang. Pelibatan guru sekolah dan siswa dalam setiap kegiatan tentunya akan memberikan bantuan dalam pembinaan UKS di sekolah.

Dengan kolaborasi dan dukungan dari semua pihak diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, merubah perilaku dan meningkatkan kesadaran dan kesehatan remaja. Hal yang tidak kalah penting, melalui platform aplikasi dapat memberikan manfaat dalam upaya mendukung peningkatan layanan UKS.