Personal Hygiene, Kunci Awal Anak Sehat

Mengajarkan anak pentingnya menjaga kebersihan diri dapat menciptakan kebiasaan baik dalam menjaga Kesehatan tubuh sejak dini. Personal hygiene merupakan tindakan merawat diri, dan kegiatan menjaga kebersihan tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Pengetahuan yang baik tentang personal hygiene menjadi salah satu strategi pencegahan penyakit untuk meningkatkan prestasi siswa.

Hal ini mendorong tim Pengabdian Masyarakat dari Departemen Keperawatan Universitas Brawijaya melakukan pemeriksaan dan pelatihan perawatan kesehatan mata, telinga dan mulut pada Siswa SD dan Tim UKS. Dosen Ilmu Keperawatan UB, Akhiyan HS menyatakan kegiatan pemeriksaan dan pelatihan yang dilakukan pada siswa dan tim UKS akan memberikan gambaran data sebagai strategi efektif terkait personal hygiene pada anak sekolah.

“Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi status kebersihan dan kesehatan mata, telinga, gigi dan mulut dengan melakukan pemeriksaan Kesehatan. Data tersebut digunakan sebagai data dasar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa terkait personal hygiene baik oleh tim UB maupun tim UKS sebagai pelaksana program jangka panjang”, ucapnya.

Kegiatan dilakukan di SD Negeri 1 Karangwidoro yang merupakan salah satu satuan pendidikan dengan jenjang Sekolah Dasar di Karangwidoro, Kec. Dau, Kab. Malang, Jawa Timur, dengan jarak paling dekat dengan UB Dieng. Kegiatan ini disambut hangat oleh Ibu Kepala Sekolah, Lela Krisanti, S.Pd. bersama dengan jajaran wali kelas dan Pembina UKS.  Kegiatan ini diawali dengan apel bersama untuk menyampaikan tujuan program, pemberian pretest untuk melihat pemahaman siswa dan dilanjutkan pemeriksaan Kesehatan.

Setelah pemeriksaan Kesehatan selesai lanjut dilakukan edukasi terkait kebersihan dan Kesehatan mata, telinga, gigi dan mulut serta memberikan cara yang benar dalam perawatannya. Contohnya dilakukan gosok gigi bersama-sama dengan teknik yang benar dengan contoh dan panduan yang seharusnya.  Hasil pemeriksaan akan dianalisa lebih lanjut oleh tim UB dan diserahkan pihak SD untuk program selanjutnya.

Pihak sekolah berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti hanya pada pemeriksaan dan edukasi, yang terfokus pada mata, telinga, gigi dan mulut saja. Mereka berharap mendapatkan edukasi yang lebih banyak terkait kesehatan pada anak sekolah (KHI/Kep UB).